Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 4 No 1 (2020): Edisi Januari - April 2020

Pengaruh Hasil Belajar Pengantar Akuntansi Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Prodi Akuntansi UKSW Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Moderasi

Natalia Marsellina Matapere (Unknown)
Paskah Ika Nugroho (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran moderasi motivasi belajar dalam pengaruh hasil belajar pengantar akuntansi terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Sampel yang diambil sebanyak 118 responden. Hasil analisis data diketahui bahwa secara simultan seluruh variabel bebas secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat, dimana hasil belajar pengantar akuntansi, motivasi belajar dan interaksi antar keduanya secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Sedangkan secara parsial diperoleh, (1) hasil belajar pengantar akuntansi berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi, (2) hanya terdapat pengaruh hasil belajar pengantar akuntansi terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan tidak terdapat pengaruh hasil motivasi belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi, (3) hasil belajar pengantar akuntansi, motivasi belajar serta interaksi antara keduanya tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kata kunci : hasil belajar, motivasi belajar, tingkat pemahaman akuntansi

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...