Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 4 No 3 (2020): Edisi September - Desember 2020

the INFLUENCE OF COMPANY SIZE, PUBLIC ACCOUNT SIZE, AUDIT COMPLEXITY, AUDIT DELAY, AND OWNERSHIP TYPE TOWARD AUDIT FEE (EMPIRAL STUDY AT MANUFACTURING CAMPANIES THAT ARE RECORDED IN THE INDONESIAN STOCK EXCHANGE IN 2016-2018)

Samuel Fernandes Siregar (Unknown)
Devi Devi (Unknown)
Rani Delviana Girsang (Unknown)
Wenny Anggresia Ginting (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2020

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisa pengaruh yang mungkin berdampak pada biaya/jasa audit perusahaan manufaktur periode 2016-2018 yang tercatat di BEI. Faktor yang dipakai untuk penelitian ini yakni ukuran perusahaan, ukuran KAP, kompleksitas audit, audit delay, dan tipe kepemilikan. Sampel data diambil dengan penggunaan metode puurposive sampling. Sampel yang layak dipakai dalam melaksanakan penelitian sebesar 84 perusahaan dengan periode 3 tahun. Dengan demikian, data observasi yang dipakai selama penelitian yaitu 252 data observasi. Metode penelitian yang dipakai selama penelitian dilaksanakan yaitu analisis regresi linear berganda. Menurut hasil pengujian dalam penelitian yang sudah dilaksanakan, variabel yang diketahui mempunyai pengaruh kepada audit fee adalah ukuran perusahaan, ukuran KAP, dan kompleksitas audit yang memiliki pengaruh bersifat positif. Sedangkan variabel audit delay dan tipe kepemilikan tidak memberikan pengaruh terhadap audit fee.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...