Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 4 No 3 (2020): Edisi September - Desember 2020

Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi dan Pendapatan Asli Daerah Terhadap Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah (Studi Kasus Pada Kabupaten / Kota di Sumatera Utara)

Resti Puspita Laoli (Unknown)
Febri Valentinus Situmorang (Unknown)
Benny Rojeston Marnaek Nainggolan (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pertumbuhan ekonomi pada Pemerintah Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumatera Utara berdasarkan jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumatera Utara. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kabupaten dan kota di Sumatera Utara merupakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis rasio untuk mengukur Pertumbuhan Ekonomi. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa variabel Pertumbuhan Ekonomi secara parsial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Kemandirian Keuangan yang terdaftar di badan pusat statistik sumatera utara periode 2014-2016 dengan nilai signifikan 0,390, Pendapatan Asli Daerah secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kemandirian Keuangan yang terdaftar di badan pusat statistik sumatera utara periode 2014-2016 dengan nilai signifikan 0,000. Koefisien Determinasi yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah senilai 0,624. Yang artinya senilai 62,4% variabel X mempengaruhi variabel Y sedangkan sisanya senilai 37,6 di pengaruhi variabel lain.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...