Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 3 No 3 (2019): September-Desember 2019

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI ULANG BERAS BATANG GADIS DI AGEN S. RIYADI MELALUI KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Wawan Setiawan (Unknown)
Koko Safitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli ulang beras batang gadis di Agen S. Riyadi melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dimana pengambilan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen Agen S. Riyadi dan 53 orang diambil sebagai sampel serta di uji dengan alat uji validitas, uji reliabilitas, uji mediasi serta uji hipotesis dengan bantuan program WarpPLS versi 3.0. Hasil Uji Hipotesis dalam penelitian ini untuk variabel Kualitas produk (X1) terhadap variabel Kepuasan Konsumen (Z) dengan path Coefficients bernilai positif 0,93 dengan nilai P values <0,001 lebih kecil dari 0,05 dan R- Square bernilai 0,87 itu berarti Kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dengan besar pengaruhnya sebesar 87%. Hasil Uji hipotesis untuk variabel Harga (X2) terhadap Kepuasan Konsumen (Z) dengan Nilai Path Coefficients bernilai positif 0,83 dengan nilai p values <0,001 lebih kecil dari 0,05 dan R-Square bernilai 0,78 itu berarti Harga berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dengan besar pengaruhnya sebesar 78%. Hasil uji hipotesis Variabel kepuasan konsumen (Z) terhadap minat beli ulang dengan nilai path coefficients bernilai positif 0,98 dengan nilai P-values <0,001 lebih kecil dari 0,05 dan R-Square bernilai 0,97 hal ini berarti kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap minat beli ulang, dengan besar pengaruhnya sebesar 97%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...