Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 5 No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021

PENGARUH LOKASI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI KHANZA BAROKAH MINIMARKET

Jaya Permana (Unknown)
Widwi Handari Adji (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh lokasi dan harga terhadap keputusan pembelian di Minimarket Khanza Barokah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan verifikatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data yaitu informasi hasil dari observasi, wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini yaitu sampel dari populasi konsumen yang berkunjung ke Khanza Barokah Minimarket sebanyak 84 responden. Lokasi tidak berpengaruh secara parsial sebesar 0,164 > 0,05 di Khanza Barokah Minimarket. Harga berpengaruh secara parsial sebesar 0,000 < 0,05 di Khanza Barokah Minimarket. Lokasi dan harga berpengaruh secara simultan dengan diperoleh nilai f-tabel sebesar 3,95 dan f hitungnya sebesar 24,392, diartikan secara simultan lokasi dan harga berpengaruh sebesar 24,392 > 3,95 terhadap keputusan pembelian. Hasil uji koefisien determinasi terdapat (R Square) sebesar 0,376, artinya keputusan pembelian dipengaruhi lokasi dan harga sebesar 0,376 dan dikategorikan berpengaruh lemah. Saran dari hasil penelitian ini yaitu sebaiknya Khanza Barokah Minimarket memberikan layanan pengantaran barang untuk pembelian dalam jumlah tertentu, agar konsumen terbantu untuk tetap belanja walaupun jaraknya jauh. Sebaiknya harga produk di Khanza Barokah Minimarket lebih murah dibandingkan toko lain. Sebaiknya Khanza Barokah Minimarket menyediakan berbagai alternatif pembayaran baik tunai, debet atau kredit.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...