Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 5 No 2 (2021): Edisi Mei - Agustus 2021

PENGARUH PELAYANAN PRIMA TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI PT BPR KERTA RAHARJA BANDUNG

Fazri Samia Raziawati (Unknown)
Lutfi Esa Herliyani Ma'rup (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2021

Abstract

Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan nasabah di PT BPR Kerta Raharja Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya dengan studi pustaka, observasi, serta kuesioner. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji validitas, realibilitas, koefisien determinasi, koefisien korelasi, serta uji hipotesis. Merujuk pada penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh kesimpulan bahwa pelayanan prima memiliki hubungan yang sedang pada kepuasan nasabah. Demikian diketahui dari nilai koefisien korelasi pelayanan prima pada kepuasan nasabah sebesar 0,574 berada pada interval tingkat hubungan yang sedang. Hasil uji hipotesis t menyatakan yakni ditemukan pengaruh antara pelayanan prima dengan kepuasan nasabah yang diterima karena perolehan t hitung melebihi t tabel (4, 439 > 1.683). Kemudian berdasarkan perhitungan nilai koefisien determinasi hasilnya yakni 0,330 atau 33,0% artinya bahwa Variabel Y (Kepuasan Nasabah) di BPR Kerta Raharja Bandung dipengaruhi oleh Variabel X (Pelayanan Prima) yaitu 33,0%, sementara 67,0% sisanya bergantung pada variabel lainnya yang tidak dilakukan penelitian.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...