Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 5 No 3 (2021): Edisi September - Desember 2021

ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI LINGKUNGAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. MOHAMMAD ZYN SAMPANG (Studi Kasus pada Rumah Sakit Umum Daerah dr. Mohammad Zyn Sampang)

Widya Nanda Harjanti (Unknown)
Tituk Diah Widajantie (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan akuntansi lingkungan di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Mohammad Zyn Sampang sebagai salah satu upaya mencegah terjadinya kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh kegiatan operasional rumah sakit dan guna mengetahui pelaporan biaya lingkungan pada laporan keuangan rumah sakit. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah aktivitas lingkungan dan perlakuan biaya lingkungan. Hasil dari penelitian ini adalah Rumah Sakit Umum Daerah dr. Mohammad Zyn Sampang telah melakukan proses pengolahan limbah dengan baik. Namun, dalam pelaporannya belum menerapkan akuntansi lingkungan sesuai dengan teori Hansen & Mowen. Dalam pencatatannya, biaya-biaya terkait lingkungan akan dikelompokkan bersama akun-akun sejenis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...