Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru terhadap Kualitas Lulusan SMA Alfa Centauri Kota Bandung secara simultan maupun parsial. Ada tiga dimensi studi, seperti: Pengawasan Kepala Sekolah (terdiri dari: perencanaan supervisi; pelaksanaan supervisi; tindak lanjut kegiatan supervisi). Kompetensi guru (kompetensi pedagogik; kompetensi kepribadian; kompetensi profesional; kompetensi sosial.Kualitas lulusan (prestasi akademik; prestasi non akademik). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif analitik. Instrumen pengumpulan data terdiri dari kuesioner dan studi dokumentasi. Kuesioner telah dibagikan kepada 37 guru yang mengajar ke-12 dan studi dokumen telah dilakukan dengan studi pustaka. Analisis jalur telah menjadi kerangka konseptual penelitian dan hipotesis telah dibuktikan dengan menggunakan program SPSS versi 16.0, versi windows 7, dan laptop axioo untuk menghitung hasilnya. Hasil penelitian adalah Pengaruh supervisi Kepala Sekolah terhadap Kualitas Lulusan sebesar 79,2%.;Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Kualitas Lulusan sebesar 39,3%.; Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru terhadap Kualitas Lulusan sebesar 83,8%; Pengaruh supervisi Kepala Sekolah terhadap kompetensi guru sebesar 17,2%. Kesimpulan penelitian menunjukkan Pengaruh antara supervisi Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru terhadap Kualitas Lulusan mempunyai hubungan yang signifikan secara simultan. Hal ini memperlihatkan hubungan yang erat apabila dilaksanakan oleh sekolah maka besar pengaruhnya terhadap Kualitas lulusan peserta didik di SMA Alfa Centauri di Kota Bandung.
Copyrights © 2021