Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 6 No 3 (2022): Edisi September - Desember 2022

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI MEDIASI PADA RESTORAN CEPAT SAJI DI KOTA BATAM

Jeffryanto Jeffryanto (Unknown)
Yuli Indah Fajar Dini (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2022

Abstract

Restoran cepat saji merupakan tempat yang menyediakan makanan dengan tingkat popularitas yang cukup tinggi dan banyak mendapatkan perhatian dari masyarakat Kota Batam, sehingga membuat penulis melakukan penelitian dengan tujuan menganalisis faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai mediasi. Sampel pada penelitian ini yaitu masyarakat lokal di Kota Batam yang mengunjungi restoran cepat saji seperti KFC, Mcd, Burger King, Pizza Hut, dan lain-lain yang berjumlah sebanyak 400 responden. Data yang dikumpulkan diperoleh dari penyebaran kuesioner (google form) dengan Partial Least Square (PLS) sebagai metode yang dimanfaatkan untuk mengolah data. Hasil dari penelitian ini yaitu variabel persepsi merek dan kualitas layanan tidak berpengaruh signifikan positif pada variabel kepuasan pelanggan. Sedangkan manajemen hubungan pelanggan dan reputasi berpengaruh signifikan positif pada variabel kepuasan pelanggan, dan variabel kepuasan pelanggan juga berpengaruh signifikan positif pada variabel loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...