JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 5, No 3 (2023): JIMB - VOLUME 5 NOMOR 3 JANUARI 2023

Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Toko Az-Zahra Kota Gorontalo

Widyawati Husain (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Hapsawati Taan (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Idris Yanto Niode (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2023

Abstract

Kepuasan pelanggan menjadi perhatian yang utama bagi kebanyakan perusahaan. Nilai pelanggan merupakan fokus utama dalam perancangan program pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan di toko Az-zahra. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada pelanggan di toko Az-zahra. Populasi dalam penelitian ini tidak diketahui jumlahnya atau infinity. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probability dengan menggunakan rumus slovin dan jumlah responden berjumlah 94. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan program SPSS 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai pelanggan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Toko Az-zahra. Hal ini menunjukkan bahwa nilai pelanggan akan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Nilai pelanggan merupakan kunci produk untuk meraih kesuksesan perusahaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...