Latar Belakang: RSKIA Sadewa Yogyakarta merupakan rumah sakit tipe C yang masih terkendalaterhadap proses klaim. Berdasarkan laporan berita acara dari BPJS Kesehatan terdapat 36 berkas pendingklaim dari total berkas yang diajukan pada bulan Oktober-November yaitu 771 berkas dan 9 berkas tidaklayak klaim rawat jalan pada bulan Oktober-November tahun 2021. Pending klaim belumbisa dibayarkankarena harus direvisi dan dilakukan pemberkasan ulang supaya bisa diklaim ulang di bulan selanjutnya. Sedangkan untuk tidak layak klaim merupakan klaim yang tidak bisa diklaimkan kembali dan tidakdapatdirevisi. Karena pengajuan klaim yang pending dan tidak layak tersebut kemudian berdampak kerugianrumah sakit. Tujuan: Mengetahui faktor penyebab pending dan tidak layak klaim berkas klaimrawat jalandi RSKIA Sadewa. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengandesain penelitian studi kasus. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab pendingdantidak layak klaim berdasarkan method, material, man, machine, dan environment. Pada faktor methodseluruh petugas memahami dan mengetahui alur klaim BPJS Kesehatan. Pada faktor material terjadikekurangan dan ketidaklengkapan pengisian berkas. Pada faktor man terjadi kelalaian dan ketidaktelitianpetugas. Pada faktor machine proses klaim sudah menggunakan INA-CBGs versi terbaru. Pada faktorenvironment lingkungan ruang kerja cukup luas dan memadai. Kesimpulan: Faktor yang menjadi penyebabpending dan tidak layak berkas klaim rawat jalan di RSKIA Sadewa adalah faktor material (terjadikekurangan dan ketidaklengkapan pengisian berkas) dan man (terjadi kelalaian dan ketidaktelitian petugasdalam melakukan proses klaim).
Copyrights © 2022