Satwika: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 2 No 2 (2022): SATWIKA: Volume 2, Number 2, December 2022

Pembuatan Gapura Bhineka Tunggal Ika di Desa Wisata Cisaat Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat

Tjipto Sumadi (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Asep Rudi Casmana (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Muhammad Fajar Sae Firdaus (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)
Fabhel Alkahira Rarca (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) yang dilakukan oleh Universitas Negeri Jakarta bdiorientasikan pada lima bidang, yaitu Pendidikan, Lingkungan, Pengentasan Kemiskinan, Seni dan Budaya, serta Insdutri Kreatif. P2M ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas lingkungan kehidupan masyarakat Desa Wisata Cisaat, Kabupaten Subang Jawa Barat. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk membantu masyarakat Desa Wisata Cisaat dalam upayanya melesatrikan nilai-nilai leluhur yang menjadi warisan budayanya. Pelaksanaan P2M dilakukan bekerjasama antara tim dari Prodi PPKN FIS UNJ dengan masyarakat adat Desa Wisata Cisaat dengan mendirikan Gapura Bhinneka Tunggal Ika sebanyak 8 buah, yang berada di mulut jalan utama (satu buah), sisanya 7 buah berada di mulut gang desa. Pada setia gapura dipampangkan banner yang bertuliskan pesan yang memiliki nilai-nilai luhur, seperti Bobot Pangayun Timbang Taraju yang berarti semua yang dikerjakan harus penuh pertimbangan. Hirup Ulah Manggih Tungtung, Paeh Ulah Manggih Beja yang artinya hidup harus baik supaya dikenang kebaikannya. Diharapkan melalui P2M ini, masyarakat desa dapat selalu membaca dan mengingat pesan leluhur adat dalam menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya luhur bangsa, sehingga kehidupan masyarakat semakin harmonis dan toleran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

satwika

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Sebagai jurnal peer-review community engagement dan akademik layanan publik, Satwika: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat terbit dua kali dalam setahun, pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini membina dan berbagi sumbangsih akademis dalam rangka mengupas isu-isu dalam ilmu-ilmu sosial dan ...