Jurnal Teknologi dan Komputer
Vol 2 No 02 (2022): DESEMBER

Perancangan Aplikasi Objek Wisata Alam Di Kabupaten Maros Menggunakan Karakter 3D Adobe Premiere Pro Dengan Algoritma Dijkstra

Syarifuddin Baco (Universitas Islam Makassar)
Rizal Syarifuddin (Universitas Islam Makassar)
Nur Isnayanti B (Universitas Islam Makassar)
Nuraeni Samsul Alan (Universitas Islam Makassar)
Sulfikri (Universitas Islam Makassar)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2022

Abstract

Objek Wisata Kabupaten Maros dikenal dengan berbagai tempat wisata alam dan wisata buatan yaitu leang-leang, bantimurung, rammang-rammang, pantai kuri caddi, istana karst, biseang laborro dan air terjun pung bunga. Minimnya informasi dan kurangnya espoitasi tempat wisata, sehingga penentuan jalur opsional yang kurang efisien dan jarak tempuh sangat jauh mengakibatkan wisatawan mengalami kesulitan untuk menemukan jalur terdekat. Tujuan penelitian adalah merancang aplikasi objek wisata alam menggunakan karakter 3D adobe premiere pro dengan algoritma dijkstra yang dapat mempublikasikan tempat wisata dan membantu wisatawan dalam menemukan rute perjalanan terdekat saat melakukan liburan di Kabupaten Maros. Metode penelitian yang digunakan Software Development Life Cycle proses pembuatan dan pengubahan sistem serta model dan metodelogi yang digunakan untuk mengembangkan sistem informasi. Hasil Pengujian aplikasi objek wisata alam menggunakan karakter 3D adobe premiere pro dengan algoritma dijkstra telah berhasil dimana desain perancangan aplikasi dan kordinat titik awal hingga kordinat titik akhir telah ditampilkan secara visual di Mapbox. Kesimpulan algoritma dijkstra sudah sesuai dengan yang diharapkan dimana aplikasi ini berfungsi dengan baik untuk mencari jalur terpendek dan tercepat tempat wisata di Kabupaten Maros.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtek

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Ruang lingkup penelitian yang berhubungan dengan teknik informatika, komputer, sistem informasi : 1. Rekayasa perangkat lunak 2. Keamanan informasi 3. Sistem pakar 4. Aplikasi android 5. Sistem informasi berbasis web 6. Robotika 7. Big Data 8. Kecerdasan Buatan 9. IOT (Internet of Things) 10. ...