Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat
2022: 4. Kapasitas Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BU

Penentuan Value Proposition Bisnis Tenant agar Sesuai Kebutuhan Konsumen

Farid Ma’ruf (Universitas Ahmad Dahlan)
Syifa Fitriani (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2022

Abstract

Tahun 2021 lalu, tim Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) Teknik Industri mengadakan kembali seleksi bagi mahasiswa Teknik Industri yang akan dan atau telah memiliki bisnis. Ada dua metode yang digunakan dalam penyeleksian tenant ini, yakni administratif dan presentasi. Dari proses seleksi yang dilakukan, maka terpilih dua tim yang layak mendapatkan pendanaan dan pendampingan dari tim PPK ini. Kedua tim tersebut adalah Ashiappp Art yang bergerak di bidang jasa dan Jam Tangan Batik Nirmolo yang bergerak dalam bidang manufaktur. Salah satu tema pendampingan tenant ini adalah segmentasi pasar. Hal ini sering terlupakan di kalangan pebisnis pemula bahwa dalam berbisnis itu untuk memenuhi kebutuhan penjual atau kebutuhan konsumen. Selain itu, harapan yang diinginkan dalam berbisnis terkadang tidak disesuaikan dengan kondisi yang ada. Pada pendampingan ini, kedua tenant diminta untuk menggambarkan ulang segmentasi pasar dari produk mereka sehingga sesuai antara produk yang ditawarkan dengan kebutuhan konsumen menggunakan metode Value Proposition Canvas. Metode tersebut menjelaskan keterhubungan antara pelanggan dan nilai yang ditawarkan. Hasil dari pendampingan menggunakan metode Value Proposition Canvas adalah para tenant memahami dan mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen, mulai dari video profil, paket harga, hingga kualitas produk yang ditawarkan. Catatan lain dari pendampingan kedua tenant Teknik Industri ini adalah perlu ditegaskan lagi segmen pasar yang akan dibidik sehingga lebih terarah dan tepat sasaran. Spesifiknya adalah bagi Ashiappp Art dan Jam Tangan Batik Nirmolo dapat menambahkan pada salah satu item dari profil pelanggan, yakni segmen berdasarkan umur, jenis kelamin, atau pekerjaan sehingga lebih detail dan spesifik, serta tidak terkesan umum sekali

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

psppm

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Economics, Econometrics & Finance Medicine & Pharmacology Social Sciences

Description

Prosiding Hasil Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat Lembaga Penelitian, Pubikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai wujud diseminasi kegiatan ilmiah pengabdian masyarakat yang dilakukan sivitas akademika Perguruan Tinggi Negeri/Swasta di ...