Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat
2022: 2. Kreatifitas Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dan Perguruan Tinggi

Implementasi Pembelajaran Iqro Menggunakan AI

Asroni Asroni (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Mukhtar Hanafi (Universitas Muhammadiyah Magelang)
Cahya Damarjati (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Muhammad Alfadha Termahadi (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2022

Abstract

TKA-TPA di dalam proses belajar Iqro yang selama ini dilakukan adalah dengan interaksi secara langsung antara Siswa dengan Guru. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi terutama di bidang Artificial Intelligence (AI) sangat memungkinkan untuk dibuat piranti pembantu untuk membantu proses pembelajaran. Pengabdian dilakukan untuk menguji siswa TKA-TPA dengan menggunakan aplikasi desktop Iqro dengan AI untuk pelafalan huruf hijaiyah. Siswa yang diuji memiliki jenis kelamin putra dan putri untuk menguji kemampuan aplikasi desktop Iqro dengan AI. Aplikasi ini akan menebak suara yang apakah benar atau salah setiap siswa dan dicatat untuk jumlah jawaban dengan nilai total yang terekap. Hasil dari pengujian menghasilkan terhadap 4 siswa aplikasi menghasilkan rata-rata 80% untuk menebak jumlah jawaban benar. Pada pengabdian ini dengan hasil 80% masih diperlukan proses peningkatan aplikasi agar bisa digunakan kemampuan untuk menebak dengan hasil yang labih baik dan akurat

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

psppm

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Economics, Econometrics & Finance Medicine & Pharmacology Social Sciences

Description

Prosiding Hasil Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat Lembaga Penelitian, Pubikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai wujud diseminasi kegiatan ilmiah pengabdian masyarakat yang dilakukan sivitas akademika Perguruan Tinggi Negeri/Swasta di ...