TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 2 No 2 (2020): TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi

PENGARUH PEMBERIAN AMPAS KOPI TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa L.)

Wirna Aceh (Unknown)
Ujianhati Zega (Unknown)
Adam Smith Bago (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan pasar telukdalam Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan dimulai pada tanggal 26 April 2021 sampai tanggal 24 Mei 2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan eksperimen murni (True eksperimen). Desain penelitian yang digunakan adalah RAL (Rancangan Acak Lengkap) terdiri dari lima perlakuan (P) dengan empat kali ulangan (U). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh ampas kopi terhadap pertumbuhan tanaman pakcoy. Populasi penelitian ini adalah tanaman pakcoy. Sampel penelitian ini adalah 20 polybag tanaman pakcoy. Perlakuan yang diberikan dengan dosis tertentu yaitu: untuk P0 (tanpa pemberian ampas kopi), P1 (100 gr), P2 (200 gr), P3 (300 gr), P4 (400 gr). Data penelitian dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan dilanjutkan dengan uji lanjut (Duncan dan LSD), dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 20. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pemberian ampas kopi memberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan tinggi tanaman, jumlah helaian daun, luas daun, dan produktivitas tanaman pakcoy (Brassica rapa L.). Hal ini terlihat pada pemberian ampas kopi pada perlakuan Keempat (P4) dengan dosis 400 gr. Saran peneliti dalam penelitian ini semoga masyarakat dapat menggunakan dan memanfaatkan ampas kopi sebagai pupuk alami untuk tanaman pakcoy karena ampas kopi mengandung zat-zat penting yang baik untuk pertumbuhan tanaman pakcoy (Brassica rapa L.).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Tunas

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Tunas: Jurnal Pendidikan Biologi adalah publikasi berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan pengetahuan di bidang pendidikan biologi. Menerima sumbangan naskah yang belum pernah diterbitkan atau dikirim ke jurnal lain terkait pendidikan biologi dan ilmu biologi dengan topik: ...