Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 15, No 2 (2022): PARADIKMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa dengan Model Problem Based Learning

Riska Dewi Ginting (Universitas Negeri Medan)
Suriadi , (Universitas Negeri Medan)
Hamidah Nasution (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pendidikan matematika siswa melalui penggunaan Problem-Based Learning (PBL). Siswa kelas XII matematika di TKRO SMK Negeri 14 Medan diberikan tujuan, tujuan pembelajaran, diskusi kelompok, tugas, insentif belajar, dan kesimpulan oleh gurunya. Ini akan menjadi studi kelompok yang berlangsung selama dua semester. Setiap siklus terdiri dari dua sesi, yang dipecah ke dalam kategori berikut: pemecahan masalah, perencanaan, dan refleksi. Pengumpulan data biasanya melibatkan pengamatan atau pengukuran. Dalam proses analisis data, kami membandingkan hasil tes dari siklus 1 dengan yang dari siklus 2 menggunakan statistik deskriptif. Dalam penelitian ini, data disediakan, dan kemudian dianalisis secara deskriptif, sehingga dapat diberikan ringkasan umum tentang fakta dan deskripsi fenomena. Keberhasilan siswa dinilai pada setiap akhir siklus dengan menggunakan sistem rata-rata kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar dan aktivitas belajar siswa kelas XII TKRO SMK Negeri 14 Medan pada mata pelajaran matematika meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan bukti sebagai berikut: (1) peningkatan aktivitas mendengarkan dari 75% menjadi 87%, verbal dari 4; (2) terjadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II dari 66 menjadi 80. Pada siklus II siswa berjumlah sembilan siswa dari pada siklus sebelumnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

paradikma

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika (PJPM) focuses on presenting new ideas and essential developments for those working in mathematics education (subject matter: pedagogical, technological, psychological) and the application of mathematics in education. It seeks to reflect the diversity of ...