Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 20, No 3 (2022)

Berwisata Digital: Studi Etnografi Praktik Bermain Game Sebagai Ruang Wisata Virtual

Ardian Indro Yuwono (Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Gadjah Mada)
Abyzan Syahadin Bagja Dahana (Departemen Ilmu Komunikasi, Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Gim dengan genre dunia terbuka menawarkan pengalaman bermain baru yang memungkinkan gamer melakukan eksplorasi menyeluruh khususnya secara visual. Gamer tidak lagi memainkan gim untuk menyelesaikan misi dan tantangan, tetapi juga untuk mengeksplorasi dan menikmati perjalanan dalam dunia gim. Penelitian ini bertujuan menemukan pengalaman gamers saat mengeksplorasi dunia terbuka dalam gim dan memanfaatkan fitur photo mode. Metode pada penelitian ini menggunakan etnografi dalam kerangka cultural studies cetusan Saukko yang mengungkapkan pengalaman gamer selama mengeksplorasi dunia virtual dalam gim. Subjek penelitian merupakan para gamer yang memainkan gim dunia terbuka dengan judul “Ghost of Tsushima”, “Red Dead Redemption” dan “Spider man”. Penelitian ini berisi praktik berwisata virtual yang dilakukan gamer berdasar pada minat di dunia luring. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa travelling merupakan bagian dari praktik berwisata para gamer, khususnya berpetualang dan mengabadikan momen dengan menggunakan fitur photo mode menjadi salah satu bentuk rekreasi alternatif, di saat aktivitas berwisata fisik tidak memungkinkan karena keterbatasan biaya, kesibukan serta keterbatasan kegiatan sosial lainnya. Kontribusi penelitian ini memberi kebaruan tentang fitur photo mode pada permainan gim video menjadi bentuk media komunikasi baru dalam praktik berwisata virtual. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi focuses on writings that contain current research and thinking in the fields of: Communication Science, including media and journalism studies, audio and audiovisual broadcasting studies, public relations studies and advertising studies; Design of Visual Communication; ...