ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Vol 12, No 3 (2022): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VI SDN 064033 KWALA BEKALA

Tesa Agresya Tambunan (Unika Santo Thomas Medan)
Regina Sipayung (Unika Santo Thomas SU)
Jontra Jusat Pangaribuan (Unika Santo Thomas SU)
Darinda Sofia Tanjung (Unika Santo Thomas SU)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap hasil belajar. Penelitian dilakukan di SD Negeri 064033 Kwala Bekala. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen Pre-Experimental Design dengan memberikan pre-test, post-test. Pengambilan sampel boring sampling yaitu seluruh siswa kelas VI SD Negeri 064033 Kwala Bekala jumlahnya 22 siswa. Hasil penelitian menunjukkan menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving sangat baik dengan nilai 80,71 sedangkan tanpa menggunakan model pembelajaran gagal dengan nilai 42,99. Pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 3.797 > 1,717. Dapat disimpulkan model Creative Problem Solving memiliki pengaruh terhadap hasil belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Article written for the journal includes research result education, learning, and public service at preschool and primary ...