Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan
Vol 3, No 4 (2022)

Pengembangan Alat Peraga Sistem Pompa Hidrolik Sederhana Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Mulyadi Abdul Wahid ((Scopus ID: 55480889700, H-index: 3) Department of Environmental Engineering, State Islamic University of Ar-Raniry, Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Pemahaman konsep fisika peserta didik yang rendah dapat disebabkan oleh faktor eksternal yang mempengaruhi pemahaman konsep fisika peserta didik salah satunya yaitu kurangnya alternatif media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Alat peraga merupakan media yang digunakan untuk mempermudah guru dalam mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan pengembangan media pembelajaran sebagai alat peraga sistem pompa hidrolik sederhana. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Instrument yang digunakan adalah lembar validasi alat peraga. Alat peraga diuji kelayakanoleh enam orang validator yaitu tiga ahli media dan tiga ahli materi. Pengembangan alat peraga ini dilakukan denganmelalui metode Reseach and development(R&D) yang mengadopsi Model Bord and Gallyaitu terdiri dari beberapa tahapan, antara lain idefikasik potensi masalah, pengumpulan data, desain produk berupa alat peraga sistem pompa hidrolik sederhana, validasi desain,revisi desain produk, dan uji coba produk. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa penilaian validasi ahli media untuk alat peraga sistem pompa hidrolik berada dalam kategori sangat layak, dimana persentase kelayakan 95% dan penilaian validasi ahli media berada dalam kategori sangat layak dimana persentase kelayakan 87,5%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalphi

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Physics Other

Description

Jurnal Phi teregistrasi dengan ISSN : 2549-7162 (daring) dan ISSN : 2460-4348 (cetak) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil riset dalam lingkung fisika dan pendidikan fisika yang berdampak pada pengetahuan dan teknologi. Kami tidak menerima tulisan yang masih berupa hasil pendahuluan atau ...