MANAJERIAL
Vol 21, No 2 (2022): Vol 21, No 2

PENGEMBANGAN MANAJEMEN SISTEM LAYANAN JASA LAUNDRY BERBASIS WEB MENGGUNAKAN MODEL SPIRAL BOEHM

Uswatun Hasanah (Unknown)
Eka Puji Agustini (Universitas Bina Darma)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Kecanggihan teknologi informasi kian berkembang pesat, begitu banyak timbul aplikasi sistem yang dirancang untuk memudahkan proses manajemen bisnis. Pelaku bisnis kini memiliki akses luas dalam mempromosikan usahanya melalui beberapa media, bahkan sistem pengelolaan semakin mudah dan sangat membantu dalam proses transaksinya, namun kecanggihan teknologi informasi yang ada tidak serta merta bisa diimplementasikan oleh pelaku bisnis, kebanyakan dari mereka masih menggunakan sistem manual yang jauh dari kata optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan manajemen sistem layanan jasa laundry berbasis web dengan menggunakan model spiral boehm meliputi tahapan dari liason, planning, risk analysis, engineering, release, dan evaluation untuk memudahkan dan memperlancar layanan bisnis laundry. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa layanan jasa laundry yang dikembangkan dapat mempermudah dan memperlancar kegiatan usaha laundry seperti mudahnya untuk diakses pelanggan, mudah menemukan lokasi pelanggan untuk mengambil atau mengantarkan orderannya, memudahkan pemilik mengontrol kegiatan baik administrasi maupun informasi pelanggan berdasarkan wilayah dan order tertinggi.

Copyrights © 2022