JURNAL MANAJEMEN
Vol 14, No 4 (2022): Desember

Faktor penentu keputusan pembelian minuman kopi di era next normal

Mutia Ulfah (STIE Persada Bunda Pekanbaru)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Bisnis Coffee Shop merupakan salah satu bisnis yang sedang berkembang pesat di Kota Pekanbaru. Saat ini, harga, kualitas, dan pelayanan tidak lagi menjadi pertimbangan utama bagi penikmat kopi. Saat ini, Suasana dan Lokasi Coffee Shop menjadi faktor penting bagi Peminum Kopi dalam memilih tempat untuk membeli dan menikmati secangkir Kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Suasana dan Lokasi dari Coffee Shop terhadap Keputusan Pembelian para Peminum Kopi di Kota Pekanbaru. Berdasarkan 97 orang responden Peminum Kopi di Kota Pekanbaru melalui teknik sampling purposive dan metode analisa regresi linear berganda diketahui bahwa Keputusan Pembelian Peminum Kopi di Kota Pekanbaru dipengaruhi oleh suasana dan lokasi Coffee Shop. Dimana Exterior dan General Interior pada suasana Coffee Shop menjadi prediktor yang lebih kuat dibanding prediktor lainnya yakni Layout dan Interior Displays. Begitu juga dengan lalu lintas, tempat parkir yang luas dan lingkungan yang aman pada lokasi Coffee Shop menjadi prediktor yang lebih kuat dibanding prediktor lainnya yakni visibilitas dan akses Coffee Shop tersebut. Hasil uji analisa menunjukan bahwa Suasana dan Lokasi Coffee Shop yang digunakan dalam penelitian ini mampu menjelaskan Keputusan Pembelian para Peminum Kopi di Kota Pekanbaru sebesar 77%. Suasana dan Lokasi Coffee Shop berkontribusi terhadap Keputusan Pembelian Peminum Kopi di Pekanbaru

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JURNALMANAJEMEN

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

JURNAL MANAJEMEN is a scientific journal in the field of management published twice a year (in January & July). ...