Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 5, No 4 (2022)

Menilik Kecemasan Matematika dari Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA

Edy Saputra ((Scopus ID: 57202599637) IAIN Takengon)
Rahmy Zulmaulida (Unknown)
Ema Santiara (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar untuk meningkatkan kualitas seseorang akan tetapi usaha sadar dapat menurun jika munculnya tidak percaya diri atau kecemasan. Kecemasan merupakan perilaku yang dapat menjadi penghambat dalam kegiatan pembelajaran. Kecemasan dapat diakibatkan oleh beberapa penyebab salah satunya adalah rendahnya koneksi matematis kemampuan matematis dalam mengenali hubungan pokok bahasan yang berbeda dalam matematika, menggunakan matematika dalam studi lainnya, dan menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis (dalam Materi SPLTV) terhadap Kecemasan Matematika Siswa SMA N 8 Takengon. Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kausal dengan metode korelasional, yang menjadi populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA N 8 Takengon yang berjumlah 97 siswa. Sampel yang diambil peneliti adalah kelas X Karena materi SPLTV dibahas atau dikaji hanya di kelas X, pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Jumlah responden yang diteliti 34 siswa. Teknik penggambilan data menggunakan soal uraian materi SPLTV dan angket kecemasan matematika. Dan data ini dianalisis dengan pengujian yaitu uji prasyarat dan analisis regresi. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji regresi dengan persamaan regresi  = 39,373 + (-0,887) (x), hal ini berarti Ha diterima pada taraf signifikan  = 0,05 dengan demikian regresi x dan y adalah signifikan kesimpulan hasil signifikansi regresi yaitu terdapat Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis Terhadap Kecemasan Matematika Siswa SMA N 8 Takengon. Setelah dilakukan perhitungan koefisien determinan diperoleh R =  adalah 0,247 yang berarti bahwa besarnya pengaruh koneksi matematis (materi SPLTV) terhadap kecemasan matematika siswa SMA N 8 Takengon sebesar 0,247 atau 24,7% dan sisanya 75,3% disebabkan oleh faktor lain. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa siswa memiliki ketakutan, kewas-wasan terhadap materi matematika salah satunya materi SPLTV

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...