Jurnal SOLMA
Vol. 11 No. 3 (2022)

Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Flipbook Bagi Guru Di SMK Elanus Ruteng Tahun Pelajaran 2021/2022

Angela Klaudia Danu (Unika Santu Paulus Ruteng (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Jl. Jend. Ahmad Yani, No.10, Ruteng, Indonesia, 86518)
Handrianus Dwianot Momang (Unika Santu Paulus Ruteng (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Jl. Jend. Ahmad Yani, No.10, Ruteng, Indonesia, 86518)
Priska Filomena Iku (Unika Santu Paulus Ruteng (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Jl. Jend. Ahmad Yani, No.10, Ruteng, Indonesia, 86518)
Petrus Sii (Unika Santu Paulus Ruteng (Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), Jl. Jend. Ahmad Yani, No.10, Ruteng, Indonesia, 86518)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Background: Berkembanganya IPTEK dan didukung oleh Era revolusi industri 4.0, dimanfaatkan oleh peserta didik untuk memudahkan memperoleh ilmu pengetahuan dan informasi dari media cetak maupun elektronik. Berdasarkan hal tersebut, kondisi ini menjadi tantangan baru seorang pendidik untuk memberikan pembelajaran yang inovatif dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Tujuan penelitian ini, memberikan informasi berupa prosedur dan langkah-langkah menghasilkan suatu buku digital demi menunjang kegiatan pembelajaran bagi pendidik dan peserta didik di jenjang SMK. Metode: metode yang digunakan pendekatan kebutuhan pengguna, yaitu pemberian pelatihan (workshop). Adapun, langkah-langkah dalam kegiatan, yaitu: (1) Penentuan lokasi mitra, (2) penentuan peserta pelatihan, (3) menggali informasi data awal, (4) menyusun materi  pelatihan, (5) mencetak materi latihan (6) merencanakan jadwal dan ruang pelatihan, (7)  pelaksanaan pelatihan, (8) mengevaluasi pelatihan, (9) mencetak sertifikat yang akan dibagikan serta (10) menyusun laporan akhir pelatihan.. Hasil: guru di SMK Elanus mampu menghasilkan e-book ajar yang baik. Dibuktikan dengan adanya 18 e-book yang terkumpul dan peserta sangat berterima kasih dengan pelatihan yang sudah dilaksanakan Kesimpulan: Pelatihan ini membawa pengaruh positif dan keterampilan yang baik dari para guru di SMK Elanus Ruteng.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...