Jurnal SOLMA
Vol. 11 No. 3 (2022)

PKM Pelatihan Dan Pendampingan Implementasi TIK Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Guru SD Negeri Bulurokeng

Suryani Suryani (Teknik Informatika, Universitas Dipa Makassar, Jl. Perintis Kemerdekaan No.KM.9, Tamalanrea Indah, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia, 90245.)
Asrul Syam (Teknik Informatika, Universitas Dipa Makassar, Jl. Perintis Kemerdekaan No.KM.9, Tamalanrea Indah, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia, 90245.)
Nurdiansah Nurdiansah (Sistem informasi, Universitas Dipa Makassar, Jl. Perintis Kemerdekaan No.KM.9, Tamalanrea Indah, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia, 90245.)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2023

Abstract

Background: Keterampilan guru SD Negeri Bulurokeng dalam mengimplementasikan TIK sebagai tools pembelajaran masih kurang. Beberapa guru belum mahir dalam penggunaan dan pemanfaatan teknologi komputer, sehingga media pembelajaran yang disajikan di kelas masih monoton. Oleh sebab itu perlu diselenggarakan kerjasama pengabdian kepada guru SD Negeri Bulurokeng, dengan tujuan memberikan pelatihan dan pendampingan implementasikan TIK untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan dan pemanfaatan aplikasi komputer. Metode: Partisipasi SD Negeri Bulurokeng selaku mitra mempersiapkan peserta sebanyak 32 orang guru untuk mengikuti pelatihan selama tiga hari. Metode yang digunakan mulai dengan wawancara singkat dengan kepala sekolah dan guru-guru, kemudian dilakukan pelatihan dengan menyajikan dan menjelaskan materi bandicam aplikasi dan powerpoint, dilanjutkan dengan pendampingan peserta dalam mengimplementasikan materi dan terakhir adalah evaluasi yaitu mengukur sejauh mana tingkat pemahaman dan keterampilan peserta setelah mengikuti pelatihan dan pendampingan tersebut. Hasil: Pelatihan dan pendampingan implementasi TIK tersebut, peserta dalam kapasitas sebagai pendidik lebih mempunyai pilihan dalam membuat bahan ajar, meningkatkan kapasitasnya dalam perkembangan teknologi melalui kreatifitas penggunaan bandicam dan powerpoint. Sebagai mitra, guru-guru merasa sangat antusias dan merasa puas mengikuti pelatihan tersebut karena mampu mengimplementasikan metode pengajaran baru yang lebih menarik minat siswa. Kesimpulan: Meningkatkan kreatifitas guru dalam implementasi TIK khususnya membuat bahan ajar yang lebih interaktif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...