IMPROVEMENT: Jurnal Ilmiah untuk peningkatan mutu manajemen pendidikan
Vol 9 No 02 (2022): iMProvement: Jurnal Ilmiah untuk peningkatan mutu Manajemen Pendidikan

Evaluasi Program Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Spesialis Penindakan Pelanggaran Lalu Lintas

Varian Fauzan (Jakarta State University, Indonesia)
Robinson Situmorang (Jakarta State University, Indonesia)
Etin Solihatin (Jakarta State University, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi yang aktual diperoleh dengan menerapkan 3 level pertama dari model evaluasi Kirkpatrick, yaitu: Level 1 (Reaksi), mengukur reaksi dan kepuasan pendidikan dan latihan, Level 2 (Belajar), mengukur signifikansi dari hasil belajar, Level 3 (Perilaku) yang mengukur perubahan perilaku peserta. Penelitian menggunakan 3 level pertama dari model evaluasi Kirkpatrick. Penelitian dilaksanakan di Pusat Pendidikan Lalu Lintas Polri Pusat DKI Jakarta. Jumlah responden pada evaluasi ini berjumlah 86 Responden terdiri dari 25 orang peserta didik, 9 orang tenaga pendidik, 2 orang pengasuh, 25 orang rekan kerja dan atasan kerja dari masing-masing peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner. Level 1: Reaksi terdapat 7 komponen penilaian yakni tingkat kepuasan yang sudah melebihi 40% adalah kepuasan peserta Diklat terhadap penilaian Instruktur/pelatih (Trainer (2) fasilitas pelatihan memiliki rata-rata tingkat kepuasan (3) tingkat kepuasan terhadap Penilaian jadwal pelatihan (4) penilaian media pelatihan. Tetapi, (5) Kepuasan peserta Diklat terhadap komponen penilaian rata-rata sebesar paling banyak tidak puas 31,45%. (6) Tingkat kepuasan sudah di atas 40% terhadap komponen penilaian konsumsi/logistik (7) Kepuasan peserta Diklat terhadap komponen penilaian latihan atau tugas cukup puas. Level 2: Hasil Belajar, yaitu peserta Diklat pada aspek pengetahuan memliki peningkatan yang signifikan dari hasil pemberian tes (pretest dan posttest); Hasil belajar peserta Diklat pada aspek keterampilan dan sikap direspon positif terhadap tenaga pendidik dan pengasuh. Level 3: Perilaku yang direspon secara negatif oleh beberapa atasan dan rekan kerja yaitu pada komponen penilaian aspek pengetahuan dan keterampilan dikarenakan bukan berasal dari penegak hukum.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

improvement

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

This journal covers the discipline of Educational Management, including: quality management, utilization of information and technology, curriculum development, student affairs, human resource in education, public relation, and community-based ...