Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan
Vol. 2 No. 1 (2022): Maret: Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan

HUBUNGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK ABDI SETIA BAKTI KABUPATEN BULUKUMBA

Ilmi Magfirah (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panrita Husada Bulukumba)
Irfanita Nurhidayah (Universitas Syiah Kuala)
Ulfiani Wahid (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panrita Husada Bulukumba)
Hamdana (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panrita Husada Bulukumba)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Tahap perkembangan ini menunjukkan hal yang unik dan memerlukan perhatian yang khusus dari orang dewasa untuk tumbuh dan kembang. Hal itu yang memicu makin mantapnya anggapan bahwa sesungguhnya pendidikan yang dimulai setelah usia SD tidaklah benar. Pendidikan harus sudah dimulai sejak usia dini supaya tidak terlambat. Sehingga penting bagi anak untuk mendapatkan Pendidikan Anak Usia Dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan pendidikan anak usia dini dengan perkembangan kognitif anak usia prasekolah di TK Abdi Setia Bakti di Desa Taccorong Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba 2017. Penelitian ini merupakan penelitian observacional-analitik dengan pendekatan study cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik Non Probability sampling dengan Purposive Sampling. Sampel penelitian yang diambil berjumlah 38 anak sekolah di TK Abdi Setia Bakti Desa Taccorong Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba pada tanggal 19 Mei sampai 17 Juli 2017. Alat ukur yang digunakan adalah observasi. Analisa data yang digunakan dengan uji uji Chi-Square. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa persepsi responden dengan pendidikan terakhir PAUD dengan perkembangan kognitif optimal sebanyak 23 (82,14%) responden, sedangkan pendidikan terakhir PAUD dengan perkembangan kognitif tidak optimal yaitu 0 (0%) responden, dan persepsi responden dengan pendidikan terakhir tidak PAUD dengan perkembangan kognitif optimal sebanyak 5 (17,85%) responden, sedangkan pendidikan terakhir tidak PAUD dengan perkembangan kognitif tidak optimal sebanyak 10 (100%) responden. Berdasarkan hasil analisis menggunakan uji statistik uji Chi-Square diperoleh nilai p < 0,001. Terdapat Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini Dengan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Prasekolah di TK Abdi Setia Bakti Desa Taccorong Kecamatan Gantarang Kab.Bulukumba dengan nilai p < 0,001.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JRIK

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

naskah publikasi dari hasil penelitian yang belum pernah dipublikasikan di tempat lain dalam bentuk cetakan maupun digital (e-journal). Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan mencakup artikel di bidang ilmu ...