Margin : Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah
Volume 1 Nomor 1 Februari 2022

Analisis Faktor-Faktor Penyebab Pembiayaan Murabahah Bermasalah Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah: (Studi Kasus di Bank Central Asia KC Yogyakarta)

Annisa Rahmawati Putri (Universitas Alma Ata Yogyakarta)
Ragil Satria Wicaksana (Universitas Alma Ata Yogyakarta)
Dhidhin Noer Ady Rahmanto (Universitas Alma Ata Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2022

Abstract

Murabahah  adalah akad jual beli barang dengan harga jual sebesar biaya perolehan ditambah keuntungan yang disepakati dan penjual harus mengungkapkan biaya perolehan barang tersebut kepada pembeli.Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab pembiayan murabahah bermasalah baik faktor internal maupun eksternal di Bank Central Asia Syariah KC Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Bank Central Asia KC Yogyakarta. Obyek penelitian ini adalah faktor-faktor internal dan eksternal pemiayaan murabahah bermasalah pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Data yang diperoleh merupakan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal terjadi karena kurangnya monitoring dan adanya fraud dari pihak internal Bank. Faktor eksternal dapat berasal dari  nasabah pembiayaan murabahah itu sendiri karena kurang cakap dalam pengelolalan usaha. Faktor lainnya dapat terjadi karena kebijakan pemerintah maupun bencana alam.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

margin

Publisher

Subject

Other

Description

Margin: Jurnal Bisnis Islam dan Perbankan Syariah adalah media publikasi ilmiah peer-review yang berfokus pada hasil penelitian di bidang Ilmu Bisnis , Perbankan Syariah, Ilmu Ekonomi , Ekonometrika dan Keuangan . Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Perbankan Syariah STAI Ma`arif Kalirejo ...