Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol 1 No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Multidisiplin

Sistem Informasi Pengelolaan Arsip Sesuai Standar ISO 15489 (Studi Kasus Pada Kantor Notaris Dan PPAT Yudha Kusuma Putra, SH., M.Kn.)

M Lutfi MA (STMIK Bina Patria Magelang)
Shunni Mahiyatal Aliyah (STMIK Bina Patria Magelang)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2022

Abstract

Arsip  merupakan alat bukti hukum yang sah dan bukti dasar sebuah kegiatan bagi sebuah institusi sehingga pengelolaan arsip menjadi “backbone” atau tulang punggung suatu oraganisasi. Prinsip  dan standar nasional maupun internasional diperlukan dalam pengelolaan arsip yang baik. Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem informasi untuk mengelola arsipsesuai standar ISO 15489-1 pada kantor notaris dan PPAT Yudha Kusuma Putra, SH., M.Kn. Pada penelitian ini untuk mengidenfikasi masalah yang ada digunakan jenis analisis PIECES yang merupakan analisis terhadap performance (kinerja),  information (informasi), economy (ekonomi), control (keamanan sistem), dan service (pelayanan). Kemudian untuk model pengembangan digunakan Waterfall yang pada pengembangan perangkat lunak. Analisis kebutuhan fungsional sistem menggunakan sistem pengelolaan arsip yang mengacu pada ISO 15489  yaitu manajemen record (arsip) yang efektif dan efisien. Perancangan sistem menggunakan UML (Unified Modelling Language) sedangkan bahasa pemograman PHP dan MySQL sebagai database digunakan dalam penelitian ini. Pengujian sistem menggunakan uji black box dan hasilnya sistem berjalan sesuai dengan perancangan. Hasil perhitungan skala likert yang menunjukan tingkat satisfication pengguna sebesar 83,68%, sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem dapat berfungsi sesuai kebutuhan pengguna.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal ini diterbitkan secara berkala 3 kali dalam setahun, Juni, Oktober dan Februari. Jurnal memuat artikel ilmiah hasil penelitian tentang berbagai disiplin ilmum yang meliputi Ilmu Ekonomi dan Bisnis, Humaniora, Ilmu Sosial, Ilmu Pengetahuan Alam, Komunikasi, Teknik, dan Informatika dan ditulis ...