Salah satu lokasi di sektor pariwisata dimana pengunjung dapat berinteraksi dengan penduduk setempat adalah homestay. Selain itu, pemerintah Indonesia memiliki aturan untuk pembangunan fasilitas homestay. Oleh karena itu, pemilik homestay harus mempertimbangkan persepsi tamu tentang homestay. Pemilik dapat mengelola wismanya menggunakan pedoman manajemen homestay setelah mereka memiliki pemahaman dasar tentang konsep tersebut. Pengelolaan sumber daya fisik dan alam, manusia, lembaga, data, dan promosi merupakan komponen pengelolaan homestay dalam penelitian ini. Manajemen homestay yang profesional dapat memberikan kesempatan kepada penduduk setempat untuk mendorong pengunjung agar tinggal lebih lama dan menikmati pemandangan alam dan budaya di kota-kota wisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pandangan masyarakat tentang homestay dan bagaimana homestay dijalankan di Desa Wisata Sawah Pematang Johar di Kabupaten Deli Serdang. Penambahan referensi studi wisata, khususnya yang berkaitan dengan pengelolaan homestay, merupakan kelebihan dari studi ini. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan metodologinya meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa sementara pemilik mengetahui ide homestay, dia tidak memiliki keterampilan manajemen. Di Desa Wisata Sawah Pematang Johar, Kabupaten Deli Serdang, pemilik penginapan sangat membutuhkan pelatihan tentang homestay dan pengelolaannya.
Copyrights © 2022