Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan Canva for Education dalam proses pembuatan komik bahan ajar Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Bantaeng. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Teknik validasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatid dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk hasil penelitian pengembangan dan analisis kuantitatif untuk menghitung rerata angket. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri 5 Bantaeng yang berjumlah 4 orang serta peserta didik kelas XII IPA 4 yang berjumlah 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengembangan awal produk, peneliti Bersama guru Bahasa Indonesia mengembangkan komik bahan ajar dengan menggunakan aplikasi Canva for Education, dan materi yang diambil dalam penyusunan komik bahan ajar tersebut adalah “Teks Cerita Sejarah” pada kelas XII. Uji kelayakan komik Bahan Ajar Bahasa Indonesia yang dilakukan oleh dua orang ahli memperoleh hasil 82% dan berada pada kategori valid. Angket kepraktisan bahan ajar komik terhadap 35 peserta didik diperoleh hasil bahwa Komik Bahan Ajar Bahasa Indonesia berbasis Canva memiliki kualitas sangat baik dari aspek isi, tampilan, penggunaan gambar, dan penggunaan huruf. Hasil wawancara dengan guru Bahasa Indonesia tentang manfaat Komik bahan ajar berbasis Canva for Education menunjukkan bahwa Canva for Education sangat efektif digunakan karena guru lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun bahan ajar sebab didukung oleh fitur yang mudah diakses.
Copyrights © 2023