Perspektif Ilmu Pendidikan
Vol 36 No 1 (2022): Perspektif Ilmu Pendidikan

TRANSFORMASI DIGITAL PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH SELAMA MASA PANDEMI

Vinca Desti Mardiana (Unknown)
Dian Hidayati (Manajemen Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Pandemi covid-19 yang muncul menimbulkan dampak besar terhadap jalannya tatanan kehidupan tidak terkecuali dunia pendidikan. Dampak pandemic covid-19 merubah pergeseran dunia pendidikan yang mulanya dilakukan secara tatap muka mengalami pergeseran arah menjadi pembelajaran daring. Pergeseran konsep pembelajaran ini menuntut adanya sebuah transformasi dengan memanfaatkan teknologi digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dan proses transformasi digital yang dilakukan dalam menjalankan kegiatan pembelajaran tematik pada masa pembelajaran jarak jauh di tingkat pendidikan dasar. Subjek penelitian ini sejumlah 3 orang yang terdiri dari kepala sekolah dan 2 guru dengan kriteria mengampu pembelajaran tematik di SD Al Azhar 38 Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Al Azhar 38 Bantul melakukan transformasi digital dalam pembelajaran tematik selama masa pandemic covid-19 dengan memanfaatkan platform berupa pintro, zoom, google meet, dan whatsapp. Sementara proses transformasi digital yang dilakuakan oleh SD Al Azhar Bantul sendiri melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan transformasi digital; pengorganisasian transformasi digital; pelaksanaan transformasi digital; dan kontrol terhadap transformasi digital.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pip

Publisher

Subject

Education

Description

Perspektif Ilmu Pendidikan published by Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Perspektif Ilmu Pendidikan contained results of the research which focused about education from practitioners, academics, researchers, and education ...