Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam penyelesaian soal matematika berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada materi pola bilangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kandat. Data dikumpulkan melalui teknik tes dan wawancara dengan menggunakan instrument pendukung tes penyelesaian soal berbasis HOTS dan pedoman wawancara semiterstruktur. Keabsahan data dicek melalui triangulasi teknik dan member check. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS paling rendah pada level mencipta (C6). Sebagian besar siswa dikategorikan dalam kategori kemampuan sedang dalam menyelesaikan soal berbasis HOTS. Siswa dengan kemampuan tinggi dapat menyelesaikan semua soal dengan menggunakan tahapan pemecahan masalah. Siswa kategori sedang mampu menunjukkan seluruh tahapan pada soal menganalisis tapi pada level yang lain siswa hanya memenuhi sebagian tahapan pemecahan masalah Siswa kategori rendah hanya memenuhi sebagian tahapan pemecahan masalah Polya pada setiap level soal HOTS.Kata Kunci: Higher Order Thinking Skills, Penyelesaian Soal Matematika, Pola Bilangan
Copyrights © 2022