Journal of Dedicators Community
Vol 6, No 3 (2022)

PEMANFAATAN LIMBAH DAN MARKETPLACE SEBAGAI STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN

Nusrotus Sa’idah (Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara)
Lilik Nur Alisah (Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara)
Muhammad Ady Suryaningrum (Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara)
Aris Maulana (Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara)
Shima Dewi Ayuningtyas (Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara)
Jihanita Oktaviana (Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Pandemi covid 19 ini, kita membutuhkan pemulihan ekonomi yang signifikan. Untuk meningkatkan produktivitas industri. Kreativitas ini dapat dinyatakan dalam pengembangan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa KKN Unisnu Jepara angkatan XI tahun 2021 dalam bentuk Tridarma perguruan tinggi. Kreatifitas dengan adanya pelatihan sangat dibutuhkan oleh masyarakat, metode pelaksanakan yang digunakan dalam mempercepat pemulihan ekonomi dan sosial dalam medukung kelancaran pelaksanaan peningkatan ketrampilan pengelolaan usaha dalam bentuk pelatihan dan juga pemasaran baik melalui media sosial ataupun manual. Untuk mempercepat ekonomi covid 19 anggota pengabdian ini bekerjasama dengan salah satu mitra yang ada di Batukali Kalinyamatan Jepara yaitu usaha UMKM konveksi celana untuk memberi pelatiahan pemanfaatan marketplace dan limbah konveksi celana. Sasaran mitra ini memiliki permasalahan yang mana 1) adanya limbah yang tidak dimanfaatkan. 2) penurunan pemesanan sehigga kehilangan omzet hingga 50% dari biasanya 3) minimnya pengetahuan tentang strategi pemasaran dan teknologi dalam memasarkan produk. Dari problem tersebut ada beberapa tahapan dalam melaksanakan pengabdian yaitu, 1) pemanfaatan limbah konveksi. 2) pelatihan dan pendampingan membuat akun marketplace shopee.  Hasil yang dicapai dalam kegiatan pengabdian ini yaitu kreativitas mitra dalam mengolah limbah jadi barang siap guna yaitu dompet kain, pouch makeup, tempat pensil, tas kecil, dan konektor masker. Untuk meningkatkan daya jual produk mitra dan pemasaran olahan limbah kain yaitu dengan melakukan pendampingan pemasaran online melalui shopee. Antusiasme terlihat 85% dari mitra sangat positif dalam merespon dan mengikuti pendampingan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JDC

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

Journal of Dedicators Community p-ISSN: 2548-8783; e-issn: 2548-8791 is journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara focuses on the result of community empowerment from many discipline: law, islamic law, education, entrepreneur, ...