IMJ (Indonesian Midwifery Journal)
Vol 6, No 1 (2022): IMJ (Indonesia Midwifery Journal)

PROMOSI KESEHATAN MELALUI MEDIA VIDEO DALAM MENGUBAH PENGETAHUAN DAN SIKAP WANITA USIA SUBUR TENTANG INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT TEST

Sophia Sophia (Unknown)
Lina Haryani (Unknown)
Ranti Widayanti (Unknown)
Tuti Lastiari (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2023

Abstract

Kanker serviks menjadi salah satu penyebab kematian pada wanita. Di Indonesia, total kasus kanker tahun 2020 mencapai 396.914 kasus dengan total kematian sebesar 59%. Penanggulangan kanker serviks dimulai dari        pencegahan primer, salah satunya dengan promosi kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan. Pengetahuan yang meningkat akan menimbulkan sikap yang positif. Penggunaan media video dapat menambah daya tarik, serta dapat mempermudah pemahaman. Tujuan penelitian untuk menganalisis promosi kesehatan melalui media video dalam mengubah pengetahuan dan sikap                Wanita Usia Subur (WUS) tentang IVA Test. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan one group pretest posttest design. Penelitian dilaksanakan pada Bulan Juli-Agustus 2022 pada 25 WUS yang berada di Wilayah Kerja Puskesmas Melong Tengah Kota Cimahi yang diambil dengan teknik Purposive sampling. Pengumpulan data pengetahuan dan sikap menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan uji wilcoxon dan paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perubahan yang signifikan pada pengetahuan menjadi lebih baik  dan lebih positif pada sikap sebelum dan sesudah diberikan promosi kesehatan melalui media video (P Value=0.000). Disarankan Bidan dapat memberikan  promosi kesehatan yang lebih variatif dengan memaksimalkan fungsi pancaindera melalui media video sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang IVA Test. Cervical cancer is one of the causes of death in women. In Indonesia, the total number of cancer cases in 2020 reached 396,914 cases with a total death rate of 59%. Prevention of cervical cancer starts with primary prevention, one of which is health promotion to increase knowledge. Increased knowledge will lead to a positive attitude. The use of video media can add to the appeal, and can facilitate understanding. The research objective was to analyze health promotion through video media in changing the knowledge and attitudes of Women of Reproductive Age (WUS) about the IVA Test. The research method used was a quasi experiment with a one group pretest posttest design. The research was conducted in July-August 2022 in 25 WUS in the Working Area of the Central Melong Health Center, Cimahi City, which were taken using a purposive sampling technique. Collection of data on knowledge and attitudes using a questionnaire. Data analysis was performed univariately and bivariately with the Wilcoxon test and paired t-test. The results showed that there was a significant change in knowledge for the better and more positive attitudes before and after being given health promotion through video media (pvalue = 0.000). It is suggested that midwives can provide a more varied health promotion by maximizing the function of the five senses through video media as an effort to increase knowledge and attitudes about the IVA Test.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

imj

Publisher

Subject

Education Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing

Description

Jurnal ini hanya menerima artikel hasil penelitian yang meliputi : ilmu kebidanan, obstertri, ginekologi, kesehatan reproduksi, ilmu kesehatan anak, kesehatan masyarakat, pendidikan kebidanan dan promosi ...