Ulil Albab
Vol. 2 No. 2: Januari 2023 (In Press)

Pemasaran Berbasis Big Data Dalam Revolusi Industri 4.0: Sebuah Perspektif Etika Bisnis

Nyana Vaddhano (Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2023

Abstract

Revolusi Industri 4.0 menyebabkan perubahan yang sangat drastis pada pengambilan keputusan bisnis, terutama karena kemudahan mengakses big data dari konsumen. Munculnya kekhawatiran terhadap penyalahgunaan dan kebocoran data membuat kajian etika bisnis mengenai fenomena pemasaran berbasis big data konsumen menjadi penting. Artikel ini menggunakan perspektif teori etika deontologis untuk menyarankan tanggung-jawab yang harus dipenuhi oleh perusahaan agar berperilaku benar dan bijak dalam menggunakan data konsumen untuk kepentingan perusahaan. Artikel ini menyarankan bahwa perusahaan wajib meminta persetujuan dari konsumen terkait, menjaga transparansi, menjamin privasi, serta berani bertanggung-jawab atas kelalaian terhadap pengelolaan data sebagai bentuk perilaku beretika dalam menyikapi fenomena pemasaran berbasis big data.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Religion Humanities Public Health Social Sciences Other

Description

ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisplin menerbitkan artikel bidang multidisiplin, termasuk : Ekonomi, Agama, Pendidikan, Kesehatan, Teknik, Kebijakan Publik, Pariwisata, Sosial dan Politik, Budaya, Seni, Pertanian, ...