Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra
Vol 5 No. 2 Tahun 2022

ANALISIS KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SEMESTER VI UNIVERSITAS KATOLIK SANTO THOMAS

Asnita Hasibuan (Universitas Katolik Santo Thomas Medan)
Candra Ronitua Gultom (Universitas Katolik Santo Thomas)
Liana Liana (Universitas Katolik Santo Thomas)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mengajar mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia semester VI pada Matakuliah Mikroteaching. Populasi Penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Santo Thomas. Sampel penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 12 orang: 10 orang perempuan dan 2 orang laki-laki. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Alat yang dipergunakan untuk mengukur penelitian ini adalah lembar rubric penilaian keterampilan mengajar. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh mahasiswa dalam praktek megajar selama 2 kali pelaksanan antara lain: (1) Keterampilan membuka Pelajaran kriteria terampil dengan rata-rata nilai 73,2 dan 81 ;(2) Keterampilan Menjelaskan kriteria terampil dengan rata-rata nilai 80 dan 83 ;(3) Keterampilan Bertanya kriteria terampil dengan rata-rata nilai 81,2 dan 84 ;(4) Keterampilan Mengadakan Penguatan kriteria terampil dengan rata-rata nilai 76 dan 82; (5) keterampilan Mengadakan Variasi kriteria terampil dengan rata-rata nilai 72 dan 83 ; (6) Keterampilan Menutup Pelajaran kriteria terampil dengan rata-rata nilai 78 dan 82 ;dan (7) Keterampilan Membuat RPP kriteria terampil dengan rata-rata nilai 76 dan 82,2. Dari hasil analisis penelitian ditemukan bahwa kemampuan mengajar mahasiswa program studi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia semester VI pada Matakuliah Microteaching sudah baik degan penguasaan konsep dasar mengajar yang baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PENDISTRA

Publisher

Subject

Education Other

Description

Terbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I Juni dan Periode II Desember . Pendidikan Bahasa Indonesia & Sastra berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi kajian di bidang Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Metode Pembelajaran, serta penelitian-penelitian lain yang terkait dengan ...