Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra
Vol 5 No. 2 Tahun 2022

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 21 MEDAN

Zulmawati Zulmawati (STKIP Riama Medan)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan pada mata pelajaran PKN tepatnya pada kelas VII SMP Negeri 21 Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes objektif. Hasil yang diperoleh pada siklus I adalah sebesar 65% pada lembar observasi yang dinyatakan pada kategori cukup, sedangkan nilai rata-rata secara individu yang diperoleh sebesar 63 kategori cukup. Hasil pada siklus II mengalami peningkatan pada lembar observasi guru sebesar 85% dan begitu juga pada lembar siswa diperoleh nilai 85 kategori baik sedangkan rata-rata hasil secara individu 78,63. Kesimpulan akhir ditemukan peningkatan secara signifikan dari siklus I ke siklus II dari lembar observasi guru dan siswa serta hasil belajar pada siswa kelas VII dengan menggunakan model pembelajran make a match pada mata pelajaran PKN.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

PENDISTRA

Publisher

Subject

Education Other

Description

Terbit dua kali setiap Tahunnya yaitu Periode I Juni dan Periode II Desember . Pendidikan Bahasa Indonesia & Sastra berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi kajian di bidang Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, Metode Pembelajaran, serta penelitian-penelitian lain yang terkait dengan ...