Kebijakan merdeka belajar yang digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, salah satu programnya adalah mengubah ujian nasional dengan Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan survei karakter. Dalam penyusunan asesemen seperti soal ujian baik formatif maupun sumatif sebenarnya guru SDN Tlogomas 2 sudah terbiasa menyusunnya, namun untuk AKM Numerasi perlu pendalaman, lebih banyak latihan, dan adaptasi dengan kebijakan tersebut. Pendampingan ini merupakan salah satu strategi peningkatan dan percepatan pelaksanaan kebijakan AKM di sekolah. Metode pelaksanaan pendampngan penyusuunan AKM di SDN Tlogomas 2 berupa pelatihan, pendampingan dan refleksi serta evaluasi kegiatan pengabdian. Dalam pelaksanaannya, pendampingan penyusunan soal AKM di SDN Tlogomas 2 berjalan dengan lancar meskipun masih ada kendala dan keterbatasan pelaksanaan seperti keterbatasan waktu dan keterbatasan keterampilan guru dalam penyusunan soal AKM.
Copyrights © 2022