Jurnal Sains Sosio Humaniora
Vol. 6 No. 2 (2022): Volume 6, Nomor 2, Desember 2022

Integrasi Pemikiran Lafran Pane Dalam Menyongsong Indonesia Emas

Muhammad Alfin Aulia (Prodi Pemikiran Politik Islam, Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Sugeng Wanto (Prodi Pemikiran Politik Islam, Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Siti Ismahani (Prodi Pemikiran Politik Islam, Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2022

Abstract

Indonesia butuh dorongan yang maksimal untuk menciptakan sumber daya manusia yang dapat dikategorikan sebagai insan yang unggul dan berkarakter agar mampu menyelesaikan seluruh akar persoalan, permasalahan, bahkan tantangan bangsa ini yang juga akan menghadapi bonus demografi yang berkaitan erat dengan terwujudnya Indonesia Emas. Penelitian ini menggunakan kajian literatur dengan pendekatan deskriptif-kualitatif, yang menggunakan sumber-sumber data yang akurat. Mulai dari buku mengenai pemikiran Lafran Pane sampai menggunakan artikel-artikel jurnal yang kredibel sesuai dengan pokok pembahasan. Indonesia Emas ditargetkan pada tahun 2045, dimana fokus menyongsong indonesia emas ialah pencetakan Sumber Daya Manusia yang dapat berdaya saing pada kancah Nasional maupun global. Melalui pola pendidikan kualitas bermutu baik formal maupun non formal diperlukannya kerja sama dari seluruh elemen pemerintah maupun masyarakat. serta tetap teguh memiliki sikap nasionalisme bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. target dari tujuan lafran pane dalam pembentukan intelektual muslim nasionalis yaitu terwujudnya insan akademis, insan pencipta, insan pengabdi, insan yang bernafaskan islam, dan insan yang bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur. Sejalan dengan kebutuhan bangsa Indonesia yang memerlukan generasi emas, generasi nasionalis, dan generasi yang peduli dan memberikan sumbangsih untuk mewujudkan Indonesia Emas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JSSH

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Sains Sosio Humaniora (JJSH) |E-ISSN: 2580-2305|P-ISSN: 2580-1244|is an open-access published by Research institutions and community service (LPPM), Universitas Jambi, Indonesia. receives research-based and conceptual articles in the fields of humanities and social science which have not been ...