Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) pada Pengajaran Kitab Kuning Bulūġu al-Marām serta mendeskripsikan apa saja yang menjadi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran tersebut. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data-data dalam penelitian ini diperoleh dari para informan yakni pimpinan Pondok Pesantren Nurul Hikmah Banyuasin sekaligus guru pengajar kitab kuning Bulūġu al-Marām, wakil mudir bidang kurikulum, wakil mudir bidang kesantrian, wakil mudir bidang sarana prasarana, serta para santri perwakilan kelas melalui teknik wawancara. Data juga diperoleh dari pengamatan langsung di lapangan melalui observasi serta pemeriksaan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) pembelajaran CTL pada pengajaran kitab kuning Bulūġu al-Marām dilaksanakan secara klasikal menggunakan pendekatan holistik yang mencakup pengembangan potensi murid pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dengan strategi kegiatan belajar terpusat pada murid (student centered) memakai pola pembelajaran berbasis dalam kelas (indoor) dan luar kelas (outdoor) untuk menyeimbangkan antara teori dan praktek serta kedelapan komponen CTL telah terwujud pada pembelajaran tersebut yang meliputi making to find meaning, self-regulated learning, collaboration, critical and creative thinking, nurturing the individual, reaching high standards dan autentic assessment. 2) faktor pendukung pada pelaksanaan tersebut yaitu tersedianya tenaga pengajar yang kompeten, adanya pembinaan guru secara rutin oleh lembaga, adanya mata pelajaran penunjang, tersedianya lingkungan belajar yang kondusif, tersedianya sarana dan prasarana yang menunjang serta adanya program lomba membaca kitab kuning. Sedangkan faktor penghambat yaitu kondisi santri non-mukim yang terkadang tidak hadir karena cuaca, padatnya jadwal kegiatan harian santri, serta kurangnya kitab-kitab penunjang untuk menjadi referensi bagi santri.
Copyrights © 2022