SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 2 No. 4 (2022)

UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION PADA MATERI EUBACTERIA DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 2 MALINAU

DAHLIA HABIBI (SMA Negeri 2 Malinau)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2023

Abstract

This study aims to increase student activity and learning outcomes through the application of the group investigation method to Eubacteria material in class X MIPA SMA Negeri 2 Malinau. This type of research is in accordance with the principles of Classroom Action Research with the design of group investigation learning methods. The subjects used in this study were 14 class X MIPA students at SMA Negeri 2 Malinau in the 2022/2023 academic year. Student learning outcomes in biology learning with the group investigation cooperative learning method at the average value of cycle I was 62.57 with a classical completeness percentage of 35.71% to 88.43 with a classical completeness percentage of 92.85% in cycle II. So, there was an increase in biology student learning outcomes of 57.14%. Student activity when participating in the learning process using the group investigation cooperative learning method has increased, it can be seen from the percentage of results of observational activities, namely the first cycle of 55.94% and in the second cycle of 80.95%. So, there was an increase in student activity of 25.01%. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode group investigation pada materi Eubacteria di kelas X MIPA SMA Negeri 2 Malinau. Jenis penelitian ini adalah sesuai dengan kaidah-kaidah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan desain metode pembelajaran group investigation. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Malinau Tahun Pembelajaran 2022/2023 yang berjumlah sebanyak 14 orang. Hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi dengan metode pembelajaran kooperatif group investigation pada nilai rata-rata dari siklus I sebesar 62,57 dengan persentase ketuntasan klasikal 35,71% menjadi 88,43 dengan persentase ketuntasan klasikal 92,85% di siklus II. Jadi, terjadi peningkatan hasil belajar siswa biologi sebesar 57,14%. Aktivitas siswa pada saat mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif group investigation mengalami peningkatan, terlihat dari persentase hasil kegiatan observasi yaitu siklus I 55,94% dan pada siklus II 80,95%. Jadi, terjadi peningkatan ativitas siswa sebesar 25,01%. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Group Investigation   ABSTRACT  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...