Keberhasilan belajar peserta didik tidak telepas dari pemilihan model model pembelajaran yang inovatif, kreatif dan juga memberikan stimulus kepada peserta didik agar lebih aktif dalam pembelajaran, yang mana akan diterapkan guru dalam proses pembelajaan. Proses pembelajaran yang dipusatkan pada guru atau masih menggunakan model pembelajaran ceramah akan berdampak pada peserta didik dan akan menyebabkan rendahnya keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk megidetifikasi pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam mengembangkan keterampilan proses sains peserta didik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional yaitu model pembelajaran ceramah. Metode penelitian yang digunakan yaitu Systematic Literature Riview. Artikel yang digunakan harus relevan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam mengembangkan keterampilan proses sains pesesrta didik. Artikel ilmiah yang digunakan pada penelitian ini yaitu berjumlah maksimal 20 jurnal. Hasil penelitian dari analisi Systematic Literature Riview menunjukan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat megembangakn Keterampilan Proses Sains (KPS) peserta didik. Model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki kelebihan yang membuat peserta didik mampu megembangkan kemampuan intelektual psesrta didik dan dapat menyelesaikan masalah. Model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat memberi peningkatan dalam megembangkan keterampilan proses sains peserta didik. kata kunci: Model Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains The success of student learning cannot be separated from the selection of innovative learning models, creative learning, and also make the students stimulated to be more active in learning, which the teacher will apply in the learning process. The learning process that is centered on the teacher or still using the lecture learning model will have an impact on students and will cause students' scientific process skills to be low. This study aims to identify the effect of the guided inquiry learning model in developing students' science process skills compared to the conventional learning model, namely the lecture learning model. The research method used is Systematic Literature Review. The articles used must be relevant to the guided inquiry learning method in developing students' science process skills. The scientific articles used in this research are up to 20 journals. The results of the analysis of the Systematic Literature Review show that the guided inquiry learning model can develop students' science process skills (KPS). The guided inquiry learning model has advantages that enable students to develop students' intellectual abilities and can solve problems. The guided inquiry learning model can improve the improvement of students' science process skills. keywords: Guided Inquiry Model, Science Process Skills
Copyrights © 2022