Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI)
Vol 5, No 2 (2022): Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI)

IMPLEMENTASI ALGORITMA GENETIKA DALAM PENENTUAN RUTE OPTIMAL UNTUK KURIR KANTOR POS BERBASIS WEB (STUDI KASUS: KANTOR POS WATES)

Imam Ihsani (Universitas Alma Ata)
Andri Pramuntadi (Universitas Alma Ata)
Deden Hardan Gutama (Universitas Alma Ata)
Dhina Puspasari Wijaya (Universitas Alma Ata)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Ekspedisi menjadi media penting dalam proses pengiriman barang oleh banyak orang maupun berbagai instansi. Terlebih situasi pandemi yang membuat jasa ekspedisi kian ikut meningkat pula. Penulis melakukan penelitian pada Kantor Pos Wates yang berada di bawah perusahaan Pos Indonesia yang justru peringkatnya jauh berada di bawah ekspedisi swasta lainnya. Faktor penurunan ini kemungkinan karena permasalahan pengiriman barang oleh kurir yang disebut dengan TSP (Traveling Salesman Problem) dimana kurir kesulitan menentukan rute terpendek dalam pengantaran paket kepada pelanggan di setiap lokasi pengirimannya mulai dari titik awal sampai kembali ke titik awal lagi. Solusi permasalahan ini adalah penerapan algoritma genetika untuk pengiriman barang dengan hasil keluaran aplikasi berbasis web sehingga kurir dapat mengirimkan barang lebih efektif untuk menghemat jarak, waktu dan biaya. Algoritma genetika adalah algoritma metaheuristik sehingga mampu menyelesaikan masalah sampai optimal. Tahapan algoritma genetika meliputi pembangkitan populasi, individu, kromosom, penentuan gen, penentuan fitness, seleksi untuk mendapatkan parents, crossover untuk menghasilkan offspring, mutasi, sampai menghasilkan solusi. Dalam pembuatan aplikasi digunakan API pada Google Maps untuk menampilkan titik koordinat lokasi yang didefinisikan sebagai gen. Perancangan aplikasi ini menggunakan metode Waterfall agar proses pembuatannya dilakukan secara urut dan terstruktur. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam perancangan ini adalah PHP untuk menanamkan algoritma genetika pada web-nya. Adapula hasil dari penelitian ini adalah aplikasi web penentu rekomendasi rute yang di-generate berdasarkan jarak terdekat yang dapat dilalui kurir.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJUBI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Fokus jurnal adalah karya inovatif pada analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi program, proyek, dan produk sistem informasi dalam manajemen strategis dan intelijen bisnis. ...