Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi
Vol 6 No 2 (2022): Desember 2022

Topographic Position Indeks Analisys untuk Interpretasi Landform Pulau Lombok Berdasarkan Digital Elevation Model (DEM)

Baiq Ahda Razula Apriyeni (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Hamzanwadi. Jalan TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, No.132 Pancor, Selong, Lombok Timur, NTB.)
Nurlaila Mubarokah (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, Universitas Hamzanwadi. Jalan TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, No.132 Pancor, Selong, Lombok Timur, NTB.)
Muhammad Ramli (Program Studi Pariwisata, Fakultas Bahasa Seni dan Humaniora, Universitas Hamzanwadi. Jalan TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, No.132 Pancor, Selong, Lombok Timur, NTB.)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dirancang untuk dapat memberikan interpretasi landform dengan melakukan penilaian berdasarkan indek posisi topografi (Topographic Position Indeks) berdasarkan data DEM, slope serta data elevasi  dengan tujuan untuk mengetahui nilai indek posisis topografi suatu wilayah khususnya di Pulau Lombok serta menginterpretasikan profil landform dengan memperhatikan sisi visibilitas profil yang dapat menjelaskan struktur dan kondisi objek. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis indeks posisi topografi dengan sistem klasifikasi menggunakan metode quintile classification. Sedangkan untuk pemodelan analisis TPI menggunakan Model Builder. Berdasarkan hasil perhitungan nilai TPI, diketahui Pulau Lombok memiliki indeks posisi topografi positif dengan nilai standar deviasi mencapai 56,9 dan nilai mean berada pada nilai -0,73. Hal ini menunjukkan bahwa Pulau Lombok memiliki nilai visisbilitas kenampakan landform yang beragam dan masuk kategori daerah yang didominasi oleh landform berupa plains, slope/lereng dan ridges. Hasil analisis menunjukkan berdasarkan indeks topografinya Pulau Lombok memiliki sepuluh satuan kenampakan landform antara lain: -47,5 (Canyons, deeply incised streams), -20 (Midslope drainages, shallow valleys), -10,8 (Upland drainages, headwaters), -6,19 (U-shape valleys), -1,61 (Plains), 2,98 (Open slopes), 12,2 (Upper slopes, mesas local), 30,5 (Ridges/hills in valleys), 71,8 (Midslope ridges, small hills in plains) dan >71,8 (Mt tops, high ridges). 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gdk

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences

Description

Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel ilmiah dengan cakupan hasil penelitian geografi bidang pendidikan dan pembelajaran, sistem informasi geografi dan penginderaan jauh, kependudukan, pengembangan wilayah, kebencanaan serta pengelolaan ...