Jurnal Pengabdian Mandiri
Vol. 1 No. 12: Desember 2022

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA KANDRI DALAM MENGELOLA GREEN BELT DAN KONSERVASI WADUK JATIBARANG

Adella Friliana Rindyaneputri (adellafriliana28@gmail.com)
Churun A’in (Universitas Diponegoro, Semarang)
Nynda Indah Kusuma (Universitas Diponegoro, Semarang)
Diandra Rachmadini (Universitas Diponegoro, Semarang)
Bayu Aji Ramadhan (Universitas Diponegoro, Semarang)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2022

Abstract

Desa Kandri merupakan wilayah administratif Kecamatan Gunungpati, Kabupaten Kota Semarang. Salah satu potensi Desa Kandri yaitu adanya Waduk Jatibarang dengan tujuan utama meningkatkan fungsi konservasi dan pengelolaan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Garang untuk mengendalikan banjir. Tujuan progam pemberdayaan masyarakat ini yaitu untuk menumbuhkan rasa kepedulian mahasiswa terhadap sosial kemasyarakatan, meningkatkan penghijauan, dan mengembangkan Desa Kandri. Metode diawali dengan pendekatan ke masyarakat, survey lapangan, pencetusan solusi, kemudian kegiatan berjalan. Solusi yang dilakukan antara lain pencerdasan masyarakat, penanaman pohon di kawasan Green Belt, dan perbaikan sirkulasi air. Terjadi peningkatan pemahaman siswa siswi SDN 2 Kandri mengenai kesadaran iklim yang diukur menggunakan Skala Likert dimana rata-rata awal 1,8 menjadi 3,8 dari 5. Kualitas lingkungan meningkat dengan adanya penanaman pohon berkonsep fitoteknologi, menambahnya jumlah tegakan vegetasi (250 pohon), dan bertambahnya 5 jenis pohon (pohon nangka, pohon jambu, pohon ketapang kencana, pohon pucuk merah, dan pohon alpukat). Perbaikan sirkulasi air menghasilkan sirkulasi air yang lebih kokoh di pinggir Waduk Jatibarang dan dibangun sepanjang 25 meter.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Mandiri and with printed version of ISSN:2809-8889 and the online version of ISSN:2809-8579 accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches that ...