Desain Grafis Percetakan merupakan mata pelajaran di SMK Jurusan Multimedia. Permasalahannya “Bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran Desain Grafis Percetakan pada siswa kelas XI Multimedia SMKN 1 Jenar?”. Dengan tujuan melalui media pembelajaran CorelDraw dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Desain Grafis Percetakan kelas XI Multimedia SMKN 1 Jenar . Teknik pengumpulan data menggunakan evaluasi dan teknik observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data berupa kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya adalah keterampilan guru siklus I skor 25 (baik), siklus II skor 29 (baik), dan siklus III skor 37 (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I skor 23,71 (cukup), siklus II skor 28,78 (baik), dan siklus III skor 33,03 (sangat baik). Pemahaman konsep dibuktikan dengan hasil belajar siswa siklus I nilai rata-rata 80,76 dengan ketuntasan klasikal 66,67%, siklus II sebesar 84,70 dengan ketuntasan klasikal 84,85%, dan siklus III rata-rata 87,88 dengan ketuntasan klasikal 100%.
Copyrights © 2022