Bharanomics
Vol 2, No 2: April 2022

Pengaruh Likuiditas, Struktur Modal, dan Growth Opportunity Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Makanan dan Minuman yang Terdapat pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020)

Ratna Sari (Universitas Bhayangkara Surabaya)
Abdul Fatah (Universitas Bhayangkara Surabaya)
Nurul Imamah (Universitas Bhayangkara Surabaya)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh likuiditas, struktur modal, dan growth opportunity secara simultan dan signifikan terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah 20 Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Makanan dan MinumanĀ  yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode pengamatan sampel yaitu tahun 2018-2020 denganĀ  jumlah sampel sebanyak60. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode dokumentasi dari data sekunder dengan mengumpulkan, mencatat, dan mengolah data yang berkaitan dengan penelitian selama tiga tahun, yaitu tahun 2018-2020. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda dengan alat bantu SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Likuiditas, Struktur Modal, dan Growth Opportunity secara simultan dan signifikan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. ; 2) Likuiditas, Struktur Modal, dan Growth Opportunity secara parsial dan signifikan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. ; 3) Likuiditas adalah variabel yang berpengaruh dominan terhadap nilai perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bharanomics

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Bharanomics berfokus pada isu-isu yang berkaitan dengan ekonomi secara luas, yang mencakup bidang: Ekonomi lokal dan regional, Ekonomi industri, Ekonomi pembangunan, Ekonomi ketenagakerjaan, Perdagangan internasional, Ekonomi moneter dan perbankan, Ekonomi kreatif, Ekonomi syariah, dan lain ...