Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat
Vol. 12 No. 2 (2022): Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat (JITU)

Pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa: Studi Kasus Pada Mata Pelajaran PAI Siswa SMP Negeri 6 Tinambung Kabupaten Polman

Muhammad Arsyad (Universitas Sulawesi Barat)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2022

Abstract

Proses pendidikan merupakan aktifitas yang sangat panjang dan penuh dengan perencanaan yang matang dengan tujuan yang jelas. Dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) masih banyak menekankan pada aspek penalaran atau hapalan akan sangat berpengaruh terhadap sikap yang akan dimunculkan anak. Menghapal tentu ada gunanya. Namun kalau kemudian menjadi dominan dan seluruh mata pelajaran harus dihapal, maka akan melahirkan anak-anak didik yang kurang kreatif dan tidak berani mengungkapkan pendapatnya sendiri. Pemahaman terkait materi pendidikan agama islam dapat dikuasai oleh siswa jika guru tidak hanya sekedar memberikan materi secara garis besar, melainkan guru mampu menciptakan proses pembelajaran yang efektif. Pembelajaran yang efektif hanya akan terjadi jika siswa terlibat secara aktif dalam masalah yang disajikan selama proses pembelajaran tersebut. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa aktif adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan tipe non-equivalent control group design dengan membuat Rancangan dalam penelitian ini menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis problem based learning dan tanpa diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis problem based learning. Hasil belajar peserta didik menunjukkan sebesar nilai rata-rata post-test sebesar 80,79 dengan peningkatan hasil belajar sebesar 18,84.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jitu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Tarbiyah Umat is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. Tadris Journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on education and teacher training, especially in the Muslim ...