Dinamika Informatika: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi
Vol 14 No 2 (2022)

IMPLEMENTASI METODE MARKERLESS AUGMENTED REALITY UNTUK EDUKASI NAMA BUAH-BUAHAN BERBASIS ANDROID

Agil, Muhammad (Unknown)
Sitio, Sartika Lina Mulani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang memungkinkan penggabungan benda maya dua dimensi (2D) atau tiga dimensi (3D) ke dalam lingkungan nyata secara real time. Pada PT. Lingkar Indonesia Mengajar, aplikasi yang dibuat hanya memperkenalkan buah-buahan melalui gambar dan teks saja, client merasa pembelajaran ini masih kurang efektif karena pembaca harus sedikit berimajinasi bagaimana sebenarnya dari keseluruhan wujud buahnya. Pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dalam edukasi nama buah-buahan dengan menerapkan Augmented Reality untuk menampilkan objek dengan smartphone. Dalam pembuatan aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman Kotlin, library Sceneform Maintained SDK, dan metode markerless yaitu metode yang penerapannya tanpa menggunakan marker atau penanda untuk memunculkan augmented reality buah-buahan seperti pisang, apel, delima, jeruk, semangka, dan mangga. Berdasarkan kuesioner yang dibagikan kepada 15 responden dimana rata-rata persentase jawaban 85% menyetujui bahwa aplikasi yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan user. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibuat dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang buah-buahan, dengan visualisasi dan interaksi yang lebih menarik bagi user.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fti2

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Dinamika Informatika merupakan jurnal yang berisikan tentang ilmu pengetahuan di bidang Sistem Informasi yang mencakup hasil penelitian, kajian teori, ilmu terapan metode yang terkait dengan spesialisasi Sistem Informasi meliputi Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Pendukung Keputusan, Data ...